Aplikasi Konsultasi Psikologi Gratis

Aplikasi konsultasi psikologi gratis dapat digunakan tanpa harus mengeluarkan biaya sepeserpun. Hal ini tentu akan menghemat biaya. Penggunaan aplikasi ini bisa membuat anda lebih leluasa dalam mencurahkan keluhan atau curhatan. Indonesia adalah negara dengan tingkat gangguan jiwa cukup tinggi pada orang dewasa. Hal ini adalah peluang bagi masyarakat untuk mengenal lebih jauh mengenai kesehatan jiwa mereka. Namun, fasilitas dari pemerintah belum memadai.

Fasilitas penunjang kesehatan mental masyarakat Indonesia masih sangat terbatas. Padahal kebutuhan setiap harinya semakin bertambah. Seiring perkembangan teknologi, jumlah orang dalam gangguan kesehatan mental semakin bertambah. Untuk mengatasi hal ini, banyak konten kreator yang membuat berbagai aplikasi untuk curhat. Pengguna dapat dengan mudah menceritakan apa dirasakannya. Pengguna akan mendapatkan respon yang baik apabila mempergunakan beberapa jenis aplikasi yang ada. Aplikasi untuk Konsultasi Psikologi Gratis adalah sebagai berikut:


SAM


Pertama adalah aplikasi konsultasi psikologi SAM. SAM adalah singkatan dari Self-help Anxiety Management. Aplikasi ini pertama kali dikembangkan oleh pakar komputer dari University of West England. Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah membantu orang-orang dalam mengelola kecemasan. Pengguna aplikasi konsultasi psikologi gratis ini dapat merekam seberapa tingkat kecemasan. Dapat juga mengidentifikasi apa pemicu kecemasan dan stres.
Aplikasi ini mempunyai ciri khusus yaitu fitur Cloud. Hal ini memungkinkan pengguna dapat berbagi cerita secara anonim. Identitas pengguna dapat disembunyikan dari psikolog yang melayani.


Riliv

Aplikasi Riliv adalah aplikasi hasil garapan anak Indonesia yang memberikan ruang pada pengguna untuk berkonsultasi masalah hidup. Masalah ini dapat dalam bentuk berbagai hal misalnya masalah pribadi atau kelompok. Apapun yang menjadikan anda beban terpendam maka itu disebut masalah. Pengguna aplikasi ini akan konsultasi tentang masalah hidup dengan psikolog. Psikolog adalah mahasiswa dengan jurusan Psikologi yang sudah menempuh program profesi. Mahasiswa yang bergabung dan mendukung aplikasi ini yaitu Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, dan Universitas Indonesia. Mahasiswa tersebut merupakan tim yang akan mencarikan solusi dan mendengarkan setiap masalah anda.

Baca Juga :  Psikolog Tebing Tinggi



eCurhat Tempat Curhat Kamu

Melalui aplikasi ini, anda bisa mengeluarkan semua isi hati dan masalah anda. Sama dengan nama aplikasinya, eCurhat Tempat Curhat Kamu dapat melayani semua kebutuhan batin anda. Masalah yang dapat anda berbagi cerita mulai dari masalah percintaan, keluarga, ekonomi, dan masalah-masalah hidup lainnya. Dengan aplikasi ini dapat menghindarkan anda dari stres. Hal ini karena telah ada tempat untuk mencurahkan semua curahan isi hati. Beban masalah hidup secara perlahan akan berkurang.



OnCom

OnCom adalah salah satu aplikasi konsultasi psikologi gratis yang dapat anda gunakan. Aplikasi ini mempunyai fitur yang lengkap daripada aplikasi lain. Semua tentang masalah-masalah hidup anda siap anda tuangkan. OnCom mempunyai hubungan Kerjasama yang baik dengan pihak ketiga yang akan menangani masalah anda. Kelebihan pihak ketiga ini tentunya akan mampu mengatasi masalah anda. Anda tidak perlu khawatir dengan aplikasi ini walapun belum pernah tahu hasil sebelumnya.



Psikologi Whats’s Up?

Aplikasi lain yang bisa anda gunakan dalam berkonsultasi kesehatan mental yaitu Psikologi Whats’s Up?. Aplikasi ini dapat menciptakan strategi pemecahan masalah kecemasan, depresi, hingga stres. Aplikasi ini mampu mencari kebiasaan baik dan buruk anda. Dengan begitu, anda dapat menilai apa yang seharusnya dilakukan dan yang harus ditinggalkan. Banyak sekali kegunaannya setelah anda menggunakan aplikasi ini. Pelajaran yang didapat adalah mengenai tiga teknik pernafasan. Hal ini adalah langkah awal dalam mengelola stres. Pengguna akan merasa lebih nyaman dan merasa lebih rileks.



Mood Tools


Aplikasi konsultasi psikologi gratis yang lain yaitu Mood Tools. Aplikasi ini dikembangkan untuk membantu penggunanya dalam mengidentifikasi gejala manik. Dari awal cerita, pengguna lama kelamaan akan mengetahui apa saja gejala dari awal depresi. Aplikasi ini akan mampu membuat anda berhati-hati saat bertindak sehingga mencegah depresi lebih awal. Aplikasi ini dirancang lengkap dengan berbagai fitur yang berguna. Salah satu fitur yang paling disukai adalah Diary dan Kuesioner untuk melacak seberapa parah suasana hati. Hal ini akan diperhatikan selama kurun waktu tertentu. Pengguna juga bisa mendownload aplikasi ini di Google Play Store. Aplikasi konsultasi psikologi gratis ini akan memudahkan pengguna dalam menuangkan semua masalahnya.

Baca Juga :  Tes Psikologi Kepribadian diri: Pengin tau keadaanmu?