Beranda » Berita » Dampak broken home saat dewasa

Dampak broken home saat dewasa

T Diposting oleh pada 13 Mei 2024
F Kategori , ,
b Komentar Dinonaktifkan pada Dampak broken home saat dewasa
@ Dilihat 414 kali
Dampak broken home saat dewasa
Dampak broken home saat dewasa – LPT DELTA

Dampak broken home saat dewasa – Cerai seringkali dianggap sebagai penyelesaian akhir terhadap masalah pernikahan, namun ternyata dapat menimbulkan lebih banyak kesulitan, terutama bagi anak-anak. Jika pernikahan penuh pertengkaran, ketidakbahagiaan, atau masalah lain, pemikiran untuk segera mengakhiri dengan perceraian sering muncul.

Meskipun cerai dianggap sebagai solusi terbaik bagi banyak pasangan yang menikah, dampaknya pada anak-anak, terutama ketika mereka sudah dewasa, ternyata lebih menakutkan daripada yang kita bayangkan. Apa saja pengaruh dari broken home saat usia dewasa?

  1. Pribadi yang Tertutup: Anak-anak yang mengalami perceraian orang tua seringkali menjadi pribadi yang lebih tertutup. Mereka enggan berbicara tentang masalah pribadi mereka karena merasa hal itu memalukan. Hal ini dapat membuat mereka lebih pendiam dan enggan melibatkan orang lain, yang pada akhirnya memperumit masalah keluarga mereka.
  2. Pemalu: Setelah orang tua bercerai, anak dapat mengalami perubahan drastis dalam hidup mereka. Mereka mungkin menyalahkan diri sendiri atas perceraian orang tua. Hal ini dapat membuat mereka merasa malu dan cenderung membandingkan keluarga mereka dengan keluarga orang lain yang dianggap lebih baik.
  3. Takut Menikah: Melihat kegagalan pernikahan orang tua dapat menimbulkan trauma terhadap komitmen. Saat dewasa, anak-anak yang mengalami perceraian orang tua cenderung takut untuk menikah dan membangun keluarga sendiri.
  4. Tidak Percaya pada Cinta Sejati: Melihat orang tua yang telah hidup bersama lama dan akhirnya bercerai dapat membuat anak kehilangan kepercayaan pada eksistensi cinta sejati. Mereka mungkin sulit mempercayai bahwa hubungan yang langgeng dan penuh cinta sejati benar-benar ada.
  5. Tidak Memiliki Tujuan Hidup: Anak yang menjadi korban broken home mungkin kesulitan menemukan tujuan hidup mereka. Kenangan akan kegagalan orang tua terus membayangi, dan mereka mungkin merasa kehilangan arah dalam hidup mereka.
  6. Selalu Mencari Perhatian Orang Lain: Kekurangan perhatian dan kasih sayang dari orang tua yang bercerai membuat anak cenderung mencari perhatian dan kasih sayang dari orang lain di luar keluarga mereka.
  7. Tidak Percaya pada Pasangan/Lawan Jenis: Melihat masalah yang terus-menerus terjadi pada orang tua membuat anak ragu terhadap pasangan/lawan jenis. Mereka mungkin menggeneralisasi bahwa semua orang dari jenis kelamin tertentu seperti orang tua mereka, sehingga sulit untuk mempercayai dan membuka hati pada hubungan yang sehat.
  8. Kecenderungan Seksual Terhadap Sesama Jenis: Dampak yang paling mengejutkan dari perceraian adalah kemungkinan pengalaman seksual yang melibatkan sesama jenis pada anak yang sudah dewasa. Ini dapat terjadi karena anak merasa takut dan tidak percaya pada lawan jenisnya, sehingga mencari kenyamanan dalam hubungan dengan sesama jenis yang mereka pahami.
Baca Juga :
Konseling Online Jogja: Memahami Layanan dan Keunggulannya di LPT Delta

Dengan pemahaman yang mendalam tentang dampak broken home pada usia dewasa, penting bagi orang tua untuk memahami tanggung jawab mereka terhadap anak-anak dan mencari solusi yang dapat mengurangi beban emosional yang ditanggung oleh anak-anak selama perceraian.

Komentar dinonaktifkan: Dampak broken home saat dewasa

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Dampak broken home saat dewasa

tes wartegg online

Tes Wartegg Online: Zoom atau Meet?

T 21 Mei 2024 F , , , A DELTA

Tes wartegg online – Tеѕ Wаrtеgg dilakukan untuk mеngukur emosi, imajinasi, іntеlеktuаl dan aktifitas ѕubjеk. Dаlаm tes wartegg ini, Anda dіhаruѕkаn untuk melengkapi gаmbаr уаng ada dі dalam kotak. Sеtеlаh іtu, раdа іnѕtrukѕі kеduа, Andа diminta untuk mеngurutkаn gаmbаr dіmulаі... Selengkapnya

Psikolog Tanjungbalai

Psikolog Tanjungbalai

T 20 Mei 2024 F , , A DELTA

Arti Psikolog Psikolog Tanjungbalai – Secara umum Psikolog adalah seseorang yang pakar psikologi, bidang ilmu ilmu yang mempelajari tingkah laku dan sistem mental. Di Indonesia, psikolog secara khusus mengarah terhadap seorang praktisi psikologi yang udah menempuh pendidikan profesi psikologi. Dengan... Selengkapnya

Tes Minat Bakat Yogyakarta

Tes Minat Bakat Yogyakarta

T 17 Mei 2024 F , , , A DELTA

Tes minat bakat yogyakarta adalah tes psikologi yang mengungkap bakat dan minat siswa yang diselenggarakan biro/lembaga psikologi di wilayah Yogyakarta. Selain itu, juga mengungkap kecenderungan kepribadian dan kecerdasan siswa. Dengan demikian, siswa dapat memilih jurusan yang tepat berdasarkan bakat dan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/layanan kami.

Tentang LPT DELTA

Logo Delta 2023

LPT Delta adalah lembaga psikologi terapan yang berkomitmen untuk menyediakan layanan psikologis berkualitas tinggi. Dengan tim profesional yang berpengalaman, LPT Delta fokus pada penerapan prinsip-prinsip psikologi untuk membantu individu dan kelompok mencapai kesejahteraan mental dan emosional. Melalui pendekatan yang holistik dan solusi-oriented, LPT Delta menjadi mitra tepercaya dalam membantu individu mengatasi tantangan psikologis dan mencapai potensi penuh mereka.