Konsultasi Psikologi Remaja – DELTA Psikologi

Konsultasi psikologi remaja adalah suatu kegiatan tanya jawa antara klien dan psikolog/konselor untuk mencari jalan tengah terhadap masalah yang dialami klien.
Remaja merupakan masa seseorang di kala berumur belasan tahun. Pada saat remaja, manusia tidak bisa disebut telah dewasa akan tetapi tidak bisa juga disebut anak-anak. Masa remaja merupakan fase peralihan manusia dari anak-anak menjadi seorang dewasa.

Masalah yang sering dihadapi remaja

Konsultasi psikologi remaja biasanya dilakukan oleh remaja yang pada usianya belum mampu mengatasi tekanan permasalahannya. Konsultasi psikologi remaja dengan psikolog atau konselor menjadi salah satu cara untuk mengatasi tekanan masalah pada remaja saat itu.

Masa remaja adalah tahapan terbaik dalam hidup seorang individu. Pada tahapan ini, anak akan lebih sering ceria, antusias, senang dan gembira. Bukan hanya antusias saja yang dapat kita saksikan dengan jelas, saat anak tumbuh menjadi sosok gadis maka siap-siap untuk melihat dirinya banyak menghadapi masalah. Sebagai orangtua sebaiknya perlu membantu anak untuk menghadapi masalah yang sedang hadapinya pada masa remaja tersebut.
begitu banyak permasalahan dalam kehidupan remaja, berikut beberapa masalah yang sering dihadapi remaja.

Masalah Penampilan

Masalah nomor satu pada hampir setiap remaja adalah penampilan. Hal ini karena beberapa bagian tubuhnya mulai berubah dan mereka harus mengatasi perubahan itu. Hal ini ditambah dengan terus melihat dan mendengar sosok-sosok yang sempurna di medsos (media sosial). Terkadang media dan pengaruh teman sebaya akan membuat mereka semakin memperhatikan penampilannya.

Masalah Pendidikan

Tahapan remaja merupakan tahap dimana gadis remaja harus mempunyai keberanian dan meraih prestasi yang membanggakan. Memaksa untuk berprestasi bagi remaja adalah baik, tetapi hal ini justru akan menciptakan tekanan besar bagi remaja. Tekanan semacam ini justru akan membuat remaja menjadi stres jika remaja tersebut tidak dapat mengatasinya.

Untuk mengatasi hal semacam ini, usahakan tetap memberikan pengertian bahwa ia harus belajar dengan baik dan mendapat nilai yang bagus. Tetapi jelaskan pula bahwa nilai bukanlah satu-satunya cara untuk mengukur kemampuan seseorang. Selain itu, dukunglah mereka untuk melakukan kegiatan ekstrakurikuler yang diminatinya. Hal tersebut akan membuatnya lebih santai sekaligus dapat lebih fokus dan konsentrasi.

Masalah Cinta

Hormon yang meningkat secara tiba-tiba dalam tubuhnya membuat mereka mempunyai banyak masalah/problem, salah satunya mengenai percintaan. Anak remaja sudah mulai menyukai lawan jenisnya. Meskipun hal ini dirasa wajar, tetapi pastikan bahwa ia tidak melakukan hal di luar kaidah. Memberikan penjelasan bahwa cinta itu merupakan hal yang normal dirasakan oleh semua orang. Tetapi yang perlu diingat adalah mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan, apalagi pada saat mereka mulai berpacaran.

Masalah Bullying

Penindasan atau biasa disebut bullying merupakan salah satu masalah remaja yang sangat mengganggu kehidupan mereka. Hal ini bahkan dapat mempengaruhi kepribadian dan perilaku mereka. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya hal ini perlu memastikan bahwa remaja selalu berdiskusi dengan orangtua.

Orang tua sebaiknya memberika saran tentang cara menghadapi dan melawan ketika semua itu terjadi. Ajarkanlah mereka untuk dapat keluar dari masalah seperti itu. Ceritakan juga padanya bagaimana dahulu orangtua juga pernah mengalami hal tersebut. Anak remaja harus tahu bahwa mereka bukanlah satu-satunya yang sedang menghadapi masalah seperti ini.

Masalah Persahabatan

Terkadang hubungan remaja tampak semakin rumit. Bahkan tali ikatan pertemanan sering dicampuri dengan masalah-masalah sepele. Sebagai seorang remaja memang anak sedang mengembangkan keterampilan sosialnya. Sebagai orang tua berilah penjelasan bahwa boleh saja memiliki pendapat yang berbeda dengan teman-teman. Cara yang terbaik untuk menyelesaikannya adalah dengan berdiskusi masalah tersebut dan kemudian melupakannya. Selain itu juga tetap memantau pertemanan mereka dan memastikan anak berada di lingkungan yang sudah tepat.

Masalah harga diri

Membanding-bandingkan diri dengan yang lain adalah suatu kebiasaan anak remaja khususnya perempuan. Mulai dari tubuh hingga penampilan mereka dengan remaja-remaja sebayanya. Tanpa disadari hal ini akan membuat beban tersendiri pada diri mereka. Tubuh gadis remaja yang mulai mengalami perubahan mungkin akan semakin membuatnya ragu/minder dan hal ini bisa mempengaruhi harga dirinya.

Oleh karena itu orangtua sebaiknya memberikan saran untuk tidak mengidolakan model dan aktris secara berlebihan. Jelaskan pula bahwa setiap orang berbeda satu sama lain. Kita semua diciptakan unik dan memiliki sisi positif dan negatif masing-masing.

Tekanan dari teman sebaya

Tekanan dari teman sebaya terkadang memaksa remaja untuk berperilaku sesuai dengan komitmen yang telah mereka buat. Adanya penerapan peraturan tersebut, maka bukan tidak mungkin jika mereka merasa solid/kompak satu sama lain. Hal ini membuat mereka melakukan perilaku yang seharusnya tidak dilakukan.

Orangtua harus menjelaskan pada remaja bahwa ia unik dengan caranya masing-masing. Ia dapat memilih untuk nge-fans band tertentu yang mungkin teman sebayanya tidak menyukainya. Ia juga bebas memiliki pendapat, pandangan, hobi, pilihan, selera mode, dana makanan favorit agar membuatnya benar-benar seperti dirinya sendiri.

Konsultasi Psikologi

Konsultasi psikologi yaitu kegiatan komunikasi dua arah antara klien dan psikolog/konselor untuk mencari jalan tengah atas permasalahan perasaan atau gangguan mental yang dialaminya. Pada dasarnya secara garis besar konsultasi psikologi dibagi menjadi 2 yaitu konsultasi psikologi secara online dan konsultasi secara offline.

Konsultasi secara online adalah kegiatan tanya jawab antara klien dan psikolog atau konselor untuk mencari jalan tengah permasalahan yang dilakukan secara online. Online ini biasanya dilakukan dengan adanya koneksi internet. Aplikasi yang digunakan banyak sekali macamnya, yang biasa digunakan adalah aplikasi Whatsapps, Google Meet, Zoom Meeting, dan masih banyak lagi aplikasi lain.

Konsultasi secara offline adalah kegiatan tanya jawab klien dan psikolog/konselor yang dilakukan dengan cara tatap muka. Biasanya untuk melakukan konsultasi dengan psikolog, klien harus membuat janji temu terlebih dahulu. Janji temu ini biasanya ditentukan psikologi maksimal 1 hari sebelum sesi konsultasi berlangsung.