Beranda » Berita » Mengenal Empati: Kunci Penting dalam Hubungan Manusia

Mengenal Empati: Kunci Penting dalam Hubungan Manusia

T Diposting oleh pada 28 Maret 2024
F Kategori , ,
b Komentar Dinonaktifkan pada Mengenal Empati: Kunci Penting dalam Hubungan Manusia
@ Dilihat 123 kali
Mengenal Empati

Mengenal Empati

Oleh Sarah Hana Faiza

Mengenal Empati – Pernahkan kalian merasa sedih ketika seseorang dilanda bencana dan merasa ikut senang ketika teman dekatmu sukses? perasaan tersebut biasa kita sebut dengan empati.

Empati menurut Hurlock adalah kemampuan menempatkan diri pada posisi orang lain sehingga seakan-akan menjadi bagian dalam diri (dalam Asih dan Pratiwi, 2010). Baron dan Byrne (dalam Asih dan Pratiwi, 2010) menuturkan bahwa empati adalah kemampuan untuk merasakan keadaan emosional orang lain, bersimpati, mencoba menyelesaikan masalah dengan menggunakan perspektif orang lain. Dengan kata lain, empati adalah ketika seseorang mampu merasakan dan memposisikan diri guna memahami apa yang dirasakan orang lain (Papalia, Old, & Felman, 2018).

Ciri-ciri orang yang memiliki sifat empati

1. Pendengar yang baik

Mampu mendengarkan orang lain dengan baik yaitu memberikan ruang kepada orang lain untuk mengungkapkan perasaannya, seperti memberi perhatian yang penuh, menghormati perspektif orang tersebut dengan sebaik-baiknya.

2. Sensitif terhadap perasaan orang lain

Orang yang memiliki sifat empati lebih sensitif dibandingkan orang lain. Mereka sensitif terhadap keadaan emosional orang lain, seperti mampu merasakan, menyelidiki perasaan yang terucap maupun tidak.

Baca Juga :
Psikolog Puskesmas Sleman: Apa kegiatannya?

3. Mengerti dan mampu memahami sudut pandang orang lain

Mereka juga mampu memahami sudut pandang orang lain, memposisikan dirinya seperti orang lain dan berusaha memahami latar belakang pemikiran tersebut bisa terbentuk.

4. Tidak memihak dan menghakimi

Ciri lainnya yaitu mampu menjauhkan prasangka penilaian terhadap orang lain sehingga memberikan rasa aman tanpa takut dihakimi.

5. Mengutamakan kepentingan orang lain

Orang yang memiliki empati, siap untuk menolong, membantu, dan memiliki dorongan kuat untuk memberikan kontribusi yang positif untuk orang lain.

6. Kemampuan mengendalikan emosi sendiri

Mereka mampu membedakan perasaan sendiri dengan perasaan orang lain, sehingga mampu mengatur respons yang tepat sesuai dengan keadaan emosional orang lain.

Pentingnya memiliki rasa empati

1. Membangun hubungan dengan orang lain

Dengan perasaan empati yang ada, kita mampu membangun hubungan yang lebih dalam dan penuh pengertian akan satu sama lain

2. Meningkatkan regulasi emosi

Kita menjadi paham dan mengenali emosi diri sendiri dan mampu menyelesaikan atau mengatasi emosi negatif atau stres diri dengan baik

3. Meningkatkan perilaku suka menolong

Rasa empati membuat hati kita tergerak untuk saling membantu dengan orang lain, sehingga kepekaan sosial dan dorongan kepedulian kita meningkat

4. Meningkatkan kesejahteraan psikologis

Kemampuan memahami orang lain bisa membuat diri kita tidak kesepian, mengingatkan bahwa kita tidak sendiri sehingga meningkatkan kesejahteraan psikologis

Kesimpulan

Empati adalah kunci penting dalam hubungan manusia yang sehat dan produktif. Dengan memahami dan mengasah kemampuan empati kita, kita dapat memperkuat hubungan sosial, meningkatkan kesejahteraan emosional, memfasilitasi kolaborasi, dan mengurangi konflik. Melalui praktik mendengarkan aktif, melihat dunia dari perspektif orang lain, bersikap sabar dan terbuka, serta belajar dari pengalaman, kita dapat mengembangkan kemampuan empati yang lebih baik dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga :
Tes Psikologi Madiun

 

Daftar Pustaka

Asih, Gusti Y. & Pratiwi Mageretha M.S. 2010. Prilaku Prososial ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi. Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus. Vol.1 No.1.

Campbell, L. (2024, Februari 11). What is an empath and how do you know if you are one?. Verywell Mind. https://www.verywellmind.com/what-is-an-empath-and-how-do-you-know-if-you-are-one-5119883

Cherry, K. (2024, Februari 11). What is empathy?. Verywell mind. https://www.verywellmind.com/what-is-empathy-2795562

Papalia, D., & Olds, S. (1998). Human development. (7thed). New York: Mc. Graw Hill.

Komentar dinonaktifkan: Mengenal Empati: Kunci Penting dalam Hubungan Manusia

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Mengenal Empati: Kunci Penting dalam Hubungan Manusia

Psikolog Palangka Raya

Psikolog Palangka Raya

T 5 April 2024 F , , A DELTA

Arti PsikologDaftar Isi1 Arti Psikolog2 Siapa sih Psikolog itu?2.1 1. Membahas Jurusan S1 Psikologi2.2 2. Tamat Pendidikan S1 Psikologi2.3 3. Meneruskan Pendidikan S2 Psikologi Profesi2.4 4. Menentukan minat untuk S22.5 5. Melaksanakan Praktik Kerja Profesi Psikologi2.6 6. Lulus Sidang Profesi2.7... Selengkapnya

Konseling ekologis di Jogja

Membangun Keseimbangan Hidup Melalui Konseling Ekologis di Jogja

T 3 April 2024 F , A DELTA

Konseling ekologis di Jogja – Kesehatan mental dan kebahagiaan merupakan hal yang tak ternilai harganya. Di tengah tekanan kehidupan modern, seringkali kita merasa terjebak dalam pusaran kesibukan yang menguras energi dan membuat kesehatan mental kita terabaikan. Namun, di Jogja, ada... Selengkapnya

Psikolog Denpasar

Psikolog Denpasar

T 5 April 2024 F , , A DELTA

Arti PsikologDaftar Isi1 Arti Psikolog2 Siapa sih Psikolog itu?2.1 1. Membahas Jurusan S1 Psikologi2.2 2. Tamat Pendidikan S1 Psikologi2.3 3. Meneruskan Pendidikan S2 Psikologi Profesi2.4 4. Menentukan minat untuk S22.5 5. Melaksanakan Praktik Kerja Profesi Psikologi2.6 6. Lulus Sidang Profesi2.7... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/layanan kami.

Tentang LPT DELTA

Logo Delta 2023

LPT Delta adalah lembaga psikologi terapan yang berkomitmen untuk menyediakan layanan psikologis berkualitas tinggi. Dengan tim profesional yang berpengalaman, LPT Delta fokus pada penerapan prinsip-prinsip psikologi untuk membantu individu dan kelompok mencapai kesejahteraan mental dan emosional. Melalui pendekatan yang holistik dan solusi-oriented, LPT Delta menjadi mitra tepercaya dalam membantu individu mengatasi tantangan psikologis dan mencapai potensi penuh mereka.