tes intelegensi nst

Tes intelegensi NSTApakah tes NST itu? Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test atau sering disingkat dengan NST yaitu tes yang dipergunakan untuk calon murid baru di SD. NST adalah alat tes yang dipergunakan untuk mengetahui seberapa taraf kematangan anak untuk masuk Sekolah Dasar (SD).

Dengan NST bisa mengetahui kemampuan yang telah dimiliki anak termasuk kelebihan dan kekurangannya. NST juga dapat menjadi tolok ukur dalam memprediksi bagaimana nanti prestasi sekolah anak ketika di SD.

Ada 10 aspek yang nantinya akan diuji dalam NST. Aspek-aspek itu tersebut yaitu, daya ingat, konsentrasi, motorik halus, ketajaman pengamatan, memahami cerita, dan sebagainya.

Seperti tes psikologi lainnya, NST bukan tes ujian yang mengacu pada benar salahnya jawaban. Tes psikologi NST ini lebih menekankan dalam mengetahui keadaan sebenarnya terkait kesiapan anak masuk SD. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan dengan keadaan fisik yang baik dan tidak meniru saat mengerjakannya.

Contoh Petunjuk NST

Tujuan Tes

  • Mengetahui tingkat kematangan anak memasuki pendidikan tingkat SD.
  • Perkiraan terhadap prestasi sekolah anak di Sekolah Dasar.
  • Mengetahui keahlian tertentu anak yang sudahl atau belum matang dan perlu perbaikan

Struktur Tes

  • Terdiri atas 10 (sepuluh) sub/bagian
  • 1 (satu) halaman grafik / psychologisch profiel, 1 (satu)  halaman tabel, 1 (satu) halaman latihan, 1 (satu) halaman permulaan tes.
  • Ada 3 Penilaian:  Nilai tertinggi dari masing-masing sub tes = 8;  Nilai terendah dari masing-masing sub tes = 0;  Nilai max seluruh tes = 80

Menentukan matang atau tidaknya : Rekap semua hasil tes pengujian dalam grafik. Bila grafik yang terbentuk bergerak pada sebelah kanan garis = matang apabila  pada sebelah kiri = belum matang. Periksa dan cocokkan dengan tabel, angka skor di bawah garis = matang, bila diatas = belum, di antara = hampir.

Baca Juga :  Biro Psikologi Tebing Tinggi

Tes NST Halaman bergambar Tikus Bunga SUBTEST I: Badut dan wekker; SUBTEST II Buku Waktu sampai dengan anak merasa siap dalam test relevansi

Contoh Cara Melakukan Test Latihan

  • Menutupi gambar yang ada dengan sebuah karton dan Meminta anak mencoret gambar seekor tikus
  • Geser karton kebawah sampai terlihat deretan gambar bunga, lalu anak diminta mencoret gambar bunga yang sama/serupa dengan gambar sebuah bunga pada kotak yang kecil 90 (sembilah puluh) detik untuk mengingat
  • Menutup gambar yang ada dengan sebuah karton dan Meminta anak mencoret gambar bunga tersebut.
  • Geser karton kebawah sampai terlihat selanjutnya. 2. (cara melakukannya) 5 Menit Baca Huruf 1. Menutupi gambar yang ada dengan kertas atau sebuah karton dan meminta anak untuk mencoret gambar badut 2. Geser karton ke bawah sampai terlihat gambar selanjutnya. 4 Menit Tulis 1. Menutupi gambar yang ada dengan sebuah karton dan selanjutnya meminta anak tersebut untuk mencoret sebuah gambar buku tadi; 2. Geser karton tersebut sampai terlihat gambar dua (2) ekor gajah, gajah yang kesatu mempunyai ekor dan gajah yang kedua tidak. Selanjutnya meminta anak untuk melengkapi gambar yang kurang / belum sempurna

Contoh laporan nst

contoh-laporan-NST