Biaya ke Psikolog Jogja

Biaya ke psikolog jogja – biaya yang harus dikeluarkan seorang klien dalam membayar jasa layanan psikolog. Psikolog adalah seorang yang ahli dalam bidang ilmu psikologi yang fokus pada pikiran dan perilaku individu/seseorang.

Masyarakat banyak yang masih ragu tentang layanan psikolog sebab mereka tidak tahu masalah biaya. Kesehatan mental telah sepantasnya menjadi sebuah perhatian yang serius. Hal ini terkadang disebabkan karena beban hidup yang menimpa secara bertubi-tubi yang sudah tidak sanggup dipikulnya. Bukan hanya sebagai profesi maupun jasa, psikolog mempunyai peran vital dalam membantu membantu orang-orang yang memerlukan bantuan, khususnya di bidang kesehatan mental.

Banyak sebabnya mengapa seseorang perlu konsultasi ke psikolog misal trauma, stres, cemas, depresi, fobia, masalah hubungan, masalah keluarga, adiksi, kebiasaan buruk, kelainan jiwa, hingga untuk meningkatkan performa sehari-hari maupun ketenangan jiwa.

Biaya jasa layanan psikolog bisa dipergunakan oleh siapapun, baik orang tua, pasangan muda yang baru menikah, anak-anak, balita, remaja, lansia, dan sebagainya. Penyedia jasa layanan cukup banyak, mulai dari puskesmas, rumah sakit besar, hingga biro/lembaga psikologi yang berdiri sendiri. Mengenai besaran biaya juga berbeda-beda.

Biaya Layanan Psikolog di Puskesmas

Layanan psikologi tidak hanya dapat diakses di biro/lembaga psikologi maupun rumah sakit besar saja. Pada dinas sosial DIY telah mulai membuka akses biaya layanan/konsultasi psikolog untuk masyarakat sejak tahun 2010. Layanan Psikologi ini melalui puskesmas-puskesmas yang tersebar di berbagai daerah di DIY.

Masyarakat sudah tidak perlu bingung soal biaya yang harus dikeluarkan dalam  mengakses layanan psikologi. Jika masyarakat mempunyai KTP asli Jogja, maka masyarakat tersebut tidak akan ditarik biaya sepeserpun / gratis dalam  mendapatkan layanan konsultasi psikologi di puskesmas. Tetapi untuk masyarakat yang memiliki KTP luar Jogjakarta dikenakan biaya retribusi mulai dari 7 ribu rupiah hingga 14 ribu rupiah, itupun tergantung fasilitas puskesmas yang bersangkutan.

Baca Juga :  Tes Psikologi Malang

Rujukan ke Rumah Sakit

Selain puskesmas, masyarakat juga dapat memilih untuk menggunakan jasa layanan psikologi yang ada di rumah sakit. Pada umumnya layanan psikologi di rumah sakit mempunyai fasilitas dan alat tes yang lebih lengkap dibandingkan  di puskesmas. Penanganan kesehatan jiwa yang ada di rumah sakit dilengkapi juga  bantuan obat-obatan dari psikiater jika dibutuhkan.

Rumah sakit menjadi fasilitas kesehatan untuk rujukan setelah puskesmas karena lengkap fasilitasnya.  Lengkapnya fasilitas dan alat tes psikologi dibandingkan dengan puskesmas maka untuk masalah biaya layanan psikolog berbeda-beda. Contoh: RSA UGM memasang harga sebesar Rp. 1.800.000 guna layanan pemeriksaan gangguan tumbuh kembang anak. Selain itu, RS JIH memasang biaya sebesar Rp. 1.700.000 untuk layanan pemeriksaan tumbuh kembang anak yang didukung oleh tenaga ahli yaitu dokter spesialis anak, psikolog, serta psikiater.

Biaya Layanan Biro Psikolog

Berbeda dari puskesmas dan rumah sakit yang mempunyai alur rujukan dan koordinasi terstruktur dalam penanganan pasien/klien maka biro psikologi lahir sebagai sebuah lembaga independen yang menawarkan layanan psikologi juga.

Hasil data didapat dari berbagai sumber di internet, rata-rata biaya untuk layanan psikolog di biro psikologi biasanya berkisar dari Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000.

Contoh : Unit Konsultasi Psikologi (UKP) di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada memasang biaya layanan psikolog sebesar Rp. 300.000, konsultasi pribadi, Rp. 300.000, konseling rumah tangga dan anak Rp. 350.000 selama 1,5 jam.