konsultasi psikolog: kapan sebaiknya dilakukan dan berapa biayanya?

Konsultasi psikolog adalah bertemunya seorang klien dengan psikolog yang bertujuan untuk membantu menemukan cara/metode yang tepat untuk mengatasi suatu permasalahan. Ada beberapa gejala, tanda-tanda atau kondisi yang mencirikan kapan kita harus konsultasi dengan psikolog. Dibawah ada 8 tanda-tanda untuk kita perhatikan.

Tanda-tanda kita perlu konsultasi psikolog

1. Kehilangan sesuatu yang dicintai

Kematian dari sesuatu yang kita cinta adalah bagian dari kehidupan yang tak bisa kita hindari tetapi itu tidak membuat mudah bagi kita untuk menanganinya. Cara setiap orang dalam menangani rasa kehilangan sesuatu yang dicintai baik orang tua atau hewan peliharaan adalah berbeda-beda. Jika kita merasa begitu sangat kehilangan, seorang psikolog dapat membantu kita menemukan cara/metode yang tepat untuk mengatasi kehilangan akibat kematian seseorang yang dekat dengan kita.

2. Stres dan cemas

Ketika kita mengalami stres dan cemas, mungkin ada baiknya pergi ke psikolog untuk konsultasi. Stres dan cemas, apabila dibiarkan menjadi parah sehingga menyebabkan depresi, anti-sosial, dan timbul masalah lainnya.  Seorang psikolog dapat membantu mengelola stres dan rasa cemas dengan menemukan sumber atau penyebab masalah kita, kemudian cara yang tepat untuk mengatasinya.

3. Depresi

Depresi juga merupakan salah satu kondisi dimana kita membutuhkan  psikolog untuk konsultasi. Gangguan kesehatan mental jenis ini umumnya terjadi saat orang kehilangan minat pada hal-hal tertentu, mengalami kelelahan dan sering mengalami kesulitan dalam mengelola emosi. Psikolog bisa membantu kita menemukan sumber depresi yang akan menjadi langkah pertama untuk merasa lebih baik, bersamaan dengan membantu menghilangkan proses pemikiran yang negatif.

4. Fobia

Fobia juga dapat menjadi tanda/kondisi kapan harus konsultasi dengan psikolog. Misalnya saja kita takut ketinggian dan laba-laba adalah fobia umum. Akan tetapi beberapa ketakutan yang tidak biasa dan tidak mendasar bisa membuat masalah besar dalam hidup kita. Selain itu juga sitophobia (takut makan) bisa menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius. Seorang psikolog yang berpengalaman bisa membantu kita mulai mengatasi rasa ketakutan sehingga kita dapat hidup normal tanpa fobia (takut akan banyak hal).

5. Masalah keluarga dan pribadi

Hubungan atau interaksi, baik dengan keluarga, pribadi atau masaah terkait pekerjaan, mengalami pasang surut. Sementara itu hubungan atau interaksi bisa menjadi hal terbaik dalam hidup. Tetapi terkadang juga bisa menjadi sumber stres dan masalah. Ketika konsultasi dengan psikolog secara individu atau dalam kelompok, bisa membantu kita mengurai rumitnya masalah bahkan yang terjadi dalam hubungan yang paling erat sekalipun.

6. Kecanduan sesuatu yang tidak sehat

Ada beberapa kebiasaan tidak sehat seperti minum alkohol, merokok, dan penggunaan obat-obat terlarang/narkoba. Hal ini terkadang dijadikan sebagai pelarian atau untuk menghindari suatu masalah atau mengobati dirinya. Konsultasi dengan psikolog akan membantu kita menemukan akar permasalahan tersebut. Psikolog dapat membantu kita mengatasi permasalahan tersebut yang mengarah ke masalah kesehatan, yaitu kecanduan, gangguan makan, manajemen stress dan masalah tidur.

7. Mental clarity

Konsultasi dengan psikolog dapat membantu kita meningkatkan kejernihan mental dengan berlaku sebagai pendengar yang tidak bias. Terkadang, orang menemukan pemecahan masalah kita sendiri hanya dengan mendengar diri kita berbicara keras saat terapi.

Hanya dengan mengungkapkan masalah kita ditempat terbuka dapat membantu orang lain meningkatkan kejernihan mental. Sehingga lebih bisa berkonsentrasi dan menjadi lebih fokus pada tugas. Psikolog memang dilatih untuk menjadi pendengar yang hebat.

8. Mental disorders

Kita disarankan untuk konsultasi dengan psikolog apabila memiliki mental disorders. Gangguan mental ini bisa memanifestasikan diri kita dalam beberapa cara. Gangguan ini  sering menyamar sebagai sesuatu yang lain dan hanya dapat diungkap dengan bantuan seorang yang ahli dalam kesehatan mental. Gangguan mental dengan berbagai gejal, yaitu termasuk gangguan bipolar, gangguan depresi utama, skizofrenia, gangguan stres pasca-trauma

Berapa biaya konsultasi dengan psikolog?

Biaya konsultasi dengan psikolog bervariasi tergantung biro atau lembaga psikologi apa  saat kita berkonsultasi. Di beberapa Rumah Sakit Umum juga memiliki layanan psikolog dengan biaya kurang dari Rp500.000. Untuk saat ini ada konsultasi dengan psikolog yang bisa dilakukan melalui aplikasi online.   

Leave a Comment