Biaya Konsultasi Psikologi

Biaya konsultasi Psikologimerupakan biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar psikolog atas jasa konsultasi yang diberikan. Sebelum berbicara tentang biaya konsultasi psikologi lebih lanjut alangkah baiknya kita mengenal siapakah psikolog itu?

Defini Psikolog ialah seseorang yang ahli dalam bidang ilmu Psikologi. Ilmu psikologi yaitu ilmu tentang pikiran dan watak seseorang. Psikolog biasanya menggunakan psikoterapi dan konseling dalam membantu kliennya untuk mengatasi masalah yang mempengaruhi kondisi mental dan kesehatannya.

Macam-macam psikolog yaitu psikolog industri dan organisasi, psikolog pendidikan, psikolog klinis anak dan dewasa, psikolog sosial, ataupun psikolog dalam bidang pengobatan penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan zat adiktif.

Permasalahan yang ditangani Psikolog

Permasalahan yang dapat ditangani oleh psikolog meliputi gangguan kecemasan (OCD, fobia, serangan panik, atau PTSD), gangguan mood (depresi atau bipolar), kecanduan obat-obatan, alkohol ataupun judi, gangguan makan (anoreksia, bulimia), gangguan kepribadian, skizofrenia atau gangguan psikosis, fobia atau trauma. Selain itu konflik pasien baik dengan pasangan, keluarga, teman ataupun orang lain hingga setelah gangguan psikologis oleh karena menjadi korban kekerasan atau bencana.

Penanganan yang dilakukan Psikolog

Psikolog dapat melakukan wawancara psikologis dan psikotes dalam menegakkan suatu diagnosis yang menyebabkan masalah kejiwaan, psikoterapi atau konseling. Selain itu membuat program terapi atau pelatihan juga melakukan terapi hipnosis apabila dibutuhkan.

Biaya konsultasi psikologi

Biaya dalam melakukan konsultasi dengan psikolog sangat beragam/bervariasi. Hal ini sesuai dengan klinik, rumah sakit, atau tempat praktek psikolog/biro psikologi. Bagi yang berkeinginan untuk berkonsultasi dengan psikolog, sebaiknya perlu mempersiapkan biaya sekitar Rp. 100.000 sampai Rp. 300.000. Selain itu sebaiknya juga mempersiapkan dana tambahan apabila terdapat penanganan khusus lagi.

Waktu yang tepat untuk pergi ke Psikolog

Kita perlu mendapatkan bantuan dari psikolog bila mengalami suatu masalah, misalnya susah tidur, susah makan, mendengar atau melihat suara atau sesuatu hal yang tidak nyata, kehilangan seseorang atau hal yang dicintai. Selain itu bila kita mengalami stres dan gangguan kecemasan, kehilangan minat terhadap hal yang disukai, merasa tidak berdaya, depresi, mengalami kelelahan yang tidak kunjung hilang. Ada lagi ketika memiliki fobia maupun ada masalah keluarga atau hubungan sosial yang perlu diperbaiki, mempunyai kebiasaan ataupun kecanduan terhadap hal tertentu dan juga bila memerlukan peningkatan performa untuk acara yang lebih besar.

Baca Juga :  Biro Psikologi Pagar Alam

Persiapan sebelum pergi ke Psikolog

Sebaiknya mencatat terlebih dahulu tentang keluhan atau masalah kita. Selain itu juga mempersiapkan mental dan fisik dalam menjalani pemeriksaan dan perawatan psikologis. Usahakan menjawab pertanyaan dan ceritakan masalah dengan sejujurnya tanpa ada yang disembunyikan agar lebih mudah bagi psikolog untuk membantu dalam mencarikan solusi  dari permasalahan kita. Dalam menentukan psikolog, sebaiknya dapat meminta referensi dari dokter, saudara, teman atau kerabat.