Psikolog Jogja: Dimana tempat konsultasi yang tepat?

Arti Psikolog

Secara umum Psikolog adalah seseorang yang ahli psikologi, bidang ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Di Indonesia, psikolog secara khusus mengarah pada seorang praktisi psikologi yang telah menempuh pendidikan profesi psikologi. Dengan demikian Psikolog Jogja bisa diartikan sebagai seseorang yang ahli psikologi yang daerah operasional di wilayah Jogja.

Siapa sih Psikolog itu?

Untuk menjadi seorang psikolog bisa dikatakan tidak bisa instan. Waktu yang dibutuhkan hampir sama dengan profesi dokter. Beberapa tahapan sebelum menjadi seorang psikologi. 

1. Membahas Jurusan S1 Psikologi

Untuk Cita-cita menjadi psikolog harus Anda persiapkan sejak pemilihan jurusan kuliah. Kamu harus memilih jurusan S1 psikologi, di kampus manapun, untuk bisa menjadi psikolog. Ini merupakan persyaratan yang harus disetujui.

2. Tamat Pendidikan S1 Psikologi

Setelah Kamu memilih jurusan ini dan masuk menjadi salah satu mahasiswanya, Kamu harus berkomitmen untuk menyelesaikannya. Kalau Kamu berhenti di tengah jalan dengan alasan apapun, itu akan memupuskan harapan Kamu menjadi psikolog.

3. Meneruskan Pendidikan S2 Psikologi Profesi

Cara menjadi psikolog yang ketiga adalah dengan melanjutkan studi magister. Untuk menjadi psikolog, syarat pendidikan minimal yang harus ditempuh adalah S2 Psikologi. Jadi, setelah Kamu lulus pendidikan S1, Kamu bisa bersiap-siap untuk melanjutkan studi lanjutan.

Baca Juga :  Tes Psikologi Kepribadian: Pengin tau keadaanmu?
4. Menentukan minat untuk S2

Kamu akan belajar materi-materi untuk memperdalam pengetahuan Kamu terkait psikologi. Selain itu, Kamu juga akan diminta untuk memilih peminatan bidang yang Kamu sukai dan kuasai. Ada banyak sekali peminatan yang bisa Kamu pilih, diantaranya psikologi sosial, pendidikan, dan industri.

5. Melaksanakan Praktik Kerja Profesi Psikologi

Setelah 2 semester pertama Kamu diberi teori dan praktikum di dalam lab, selanjutnya Kamu perlu mengikuti praktik kerja profesi psikologi sesuai dengan peminatan yang Kamu ambil. Lamanya waktu praktik kerja ini kira-kira 1-2 semester.

6. Lulus Sidang Profesi

Cara menjadi psikolog selanjutnya adalah dengan mengikuti sidang profesi yang dilaksanakan oleh HIMPSI. Ada beberapa tes yang harus Kamu lalui. Jika Kamu lulus serangkaian tes ini, Kamu sudah layak menjadi psikolog

7. Terdaftar Keanggotaan HIMPSI

Jika Kamu dinyatakan lulus dari sidang profesi HIMPSI, Kamu diwajibkan mendaftar keanggotaan HIMPSI. HIMPSI merupakan singkatan dari Himpunan Psikologi, yaitu organisasi beranggotakan ahli psikologi seluruh Indonesia.

8. Mempunyai SIPP

Selain mendaftar keanggotaan HIMPSI, Kamu juga perlu mengurus SIPP, yaitu Surat Ijin Praktik Psikologi. Dengan SIPP ini, Kamu bisa membuka tempat praktik Kamu sendiri.

Kapan Disebut Psikolog

Dalam pendidikan psikologi di Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan sistem perkuliahan, akibatnya kurikulum yang berbeda memerlukan syarat akademik yang berbeda pula untuk menjadi seorang psikolog.

  1. Kurikulum Lama: Sarjana psikologi yang telah mengikuti pendidikan tinggi psikologi strata 1 (S1) dengan Sistem Paket Murni (SPM).
  2. Kurikulum Nasional 1994: Psikolog menyelesaikan pendidikan tinggi psikologi strata 1 (S1) dengan Sistem Kredit Semester (SKS) yang meliputi pendidikan program akademik (Sarjana Psikologi) dan program pendidikan profesi (psikolog).
  3. Kurikulum Baru: Psikolog menyelesaikan pendidikan sarjana psikologi (S1) dan magister psikologi profesi (S2).
  4. Luar Negeri: Psikolog menyelesaikan pendidikan tinggi psikologi di luar negeri yang sudah mendapat akreditasi dan disetarakan dengan psikolog Indonesia oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti) Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas RI).
Baca Juga :  Biaya Tes IQ di Jogja: Mahalkah tes IQ?

Dimana bisa bertemu dengan Psikolog?

Praktek psikolog yang menyelenggarakan konsultasi atau konseling cukup banyak di wilayah Jogja. Banyak sekali Psikolog di daerah Bantul, Sleman, Gunungkidul bahkan di Kulonprogo. Salah satunya adalah Psikolog di daerah Sleman dengan nama biro psikologi DELTA. Praktek psikolog di derah Perumahan Nogotirto Elok 3 Jalan Semeru C146 Trihanggo, Gamping, Sleman.

Bagaimana cara klien janji temu Psikolog?

Untuk bisa bertemu dengan Psikolog Jogja biasanya klien membuat janji terlebih dahulu. Hal ini sama dengan di Biro Psikologi DELTA, untuk bertemu dengan Psikolog biasa klien telp/chat dengan admin di no. 089665529596, kemudian dari DELTA menentukan jadwal untuk bertemu dengan Psikolog. Setelah disepakati waktu, jam dan tempat maka dibuat jadwal tersebut.