Konsultasi Psikologi Percintaan

konsultasi psikologi percintaan – adalah suatu kegiatan komunikasi (2) dua arah antara pasien dengan psikolog dalam mencari jalan tengah/solusi atas permasalahan perasaan yang dialami oleh klien, biasanya perasaan yang dikeluhkan oleh klien adalah percintaan.
Jatuh cinta adalah dorongan psikologi yang umum. Sebagian orang menganggap cinta merupakan tujuan hidup paling tinggi dan sesuatu yang dapat memotivasi kita untuk tetap bertahan hidup dan melewati segala rintangan.
Tetapi acapkali temuan akan cinta dan hubungan asmara ini sulit bahkan justru membuat individu mengalami suasana hati dan gangguan kesehatan, baik fisik maupun psikis.


Penyebab Jatuh Cinta

Pada dasarnya otak terhubung dengan perasaan jatuh cinta, agar merasakan kebahagiaan, euforia romansa, agar terikat dan berkembang biak. Aktivitas kimia senantiasa memenuhi benak mulai dari nafsu, ketertarikan, dan ketidaktertarikan. Dopamin atau senyawa kebahagiaan dalam tubuh memberikan sensasi alami akan rasa senang, gembira, ketika sedang jatuh cinta. Bahkan memberikan sensasi ketagihan seperti kokain.


Kenapa Bisa Timbul Tertarik pada Seseorang?

Keadaan psikologi sangat berperan pada siapa dan mengapa kita tertarik pada seseorang. Hal ini juga tidak lepas dari pengakuan terhadap diri sendiri, kesehatan mental dan emosional, peristiwa hidup dan juga hubungan keluarga. Pengalaman positif maupun negatif ini akan berimbas pada pilihan seseorang pada lawan jenis. Selain itu juga membuatnya tampak lebih atau kurang menarik. Salah satu contoh, kita mungkin menemukan kesamaan yang menarik pada diri seseorang akan tetapi menghindarinya sebab dia memiliki kesamaan dengan mantan kekasih yang sebelumnya selingkuh.
Ketertarikan kita pada sesuatu yang umum seperti aroma, sentuhan tangan, dan cara berbicara yang karena itu mengingatkan pada anggota keluarga tertentu.


Berubahnya Kepribadian

Cinta itu buta, memang benar bahwa seseorang dapat dibutakan oleh cinta. Disaat kita jatuh cinta pada seseorang sampai bersedia mengeksplorasi minat yang mana sejatinya tidak atau belum kita senangi. Cinta juga dapat memunculkan suatu bagian dari kepribadian kita yang tidak aktif. Misalnya kita merasa lebih dewasa atau lebih feminin, lebih baik hati, lebih empatik, murah hati, dan lebih bersedia mengambil risiko dan mencoba sesuatu yang baru.
Perasaan ini ternyata dapat membuat kita buta akan tanda-tanda peringatan kalau dia bukan seseorang baik. Anehnya, zat kimia pada otak bisa mengangkat mood yang tertekan dan menyebabkan ketergantungan pada sosok baru untuk mengakhiri kesepian atau kekosongan pada cinta yang telah lalu.

Baca Juga :  Psikolog Denpasar


Pengalaman Mendewasakan

Dengan banyaknya pengalaman putus cinta, sakit hati, kekecewaan kita dapat belajar menerima bahwa cinta sejati merupakan sesuatu yang harus diperjuangkan secara logika. Ketika kita belajar dari kegagalan dan menemukan faedah dari semua kekecewaan tersebut maka kita akan sampai pada suatu titik akan selektif terhadap seseorang untuk masuk ke dalam kehidupannya.

Untuk menuju ke tahap yang mendewasakan ini kita membutuhkan kesadaran dan benar-benar menarik pelajaran dari kisah masa lalu. Tetapi terkadang muncul banyak permasalahan ketika perasaan cinta itu telah hadir dalam diri kita. Permasalahan positif maupun negatif selalu datang kepada setiap individu yang telah dirasuki rasa cinta. Terkadang ada seorang individu yang tidak mampu mengatasi masalah yang diakibatkan oleh cinta ini. Salah satu solusi adalah pergi ke Psikolog untuk mencari solusi akibat datangnya cinta. Sangat mudah untuk berkonsultasi dengan psikolog, puskesmas juga menyediakan layanan konsultasi seperti ini, ada juga biro/lembaga Psikologi atau mungkin DISINI.