Beranda » Berita » Pentingkah Self Love pada Diri Remaja?

Pentingkah Self Love pada Diri Remaja?

T Diposting oleh pada 22 Mei 2024
F Kategori , ,
b Komentar Dinonaktifkan pada Pentingkah Self Love pada Diri Remaja?
@ Dilihat 245 kali
Pentingkah Self Love pada Diri Remaja

Pentingkah Self Love pada Diri Remaja – LPT Delta

Oleh: Kustanti Rahmawati

Pentingkah Self Love pada Diri Remaja – Pada era globalisasi saat ini banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara tidak langsung, dapat disebut juga secara online melalui teknologi yang telah berkembang. Media online ini dapat diakses oleh semua kalangan, baik itu anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Kemajuan teknologi yang sangat pesat ini memberikan dampak postif hingga negatif. Perkembangan teknologi melelui media online ini menyebabkan beberapa permasalahan khususnya pada diri remaja, diantaranya insecure, rasa tidak aman hingga rasa takut yang dipicu adanya rasa kurang percaya diri, bahkan tidak jarang banyaknya remaja putri yang seringkali menjadi objek negative body image perception. Masa remaja merupakan salah satu fase yang sangat penting juga rentan terhadap respon individu lainnya (Septiana & Darina, 2021).

Self love merupakan keadaan seseorang dimana mereka mampu menghargai dirinya sendiri baik dalam hal mengambil keputusan baik secara fisik maupun psikis. Sejalan dengan pernyataan yang diungkapkan oleh Putri (2023) bahwa self love merupakan sebuah penghargaan yang diberikan kepada diri sendiri serta mencul dari tindakan yang mampu mendukung pertumbuhan fisik, psikis hingga spiritual seseorang. Self love menjadi penting bagi remaja karena hal ini mampu membuat mereka menerima baik itu kelebihan ataupun kekurangan diri sendiri, lebih paham dan aware terhadap dirinya sendiri, berlandaskan pada tujuan serta nilai hidup yang akan dijalankan kedepannya, yakin pada seriap usaha dan hasil yang dilakukannya sendiri.

Ketika individu mulai menerapkan self love, tanpa disadari mereka telah mampu berfikir positif akan dirinya sendiri dan siap menerima bagaimanapun nanti hasil atas proses yang telah dilaluinya. Sehingga dapat diketahui bahwa kurangnya penerapan self love pada remaja saat ini yang memicu munculnya negative body image preception, insecure, hingga mudah mengeluh kerena merasa tertinggal dari pencapaian orang lain yang dilihatnya. Dengan demikian dapat diketahui bahwa self love memiliki peranan penting dalam perkembangan remaja. Beberapa alasan mengapa self love menjadi penting untuk setiap diri remaja diantaranya (Astuti & Purnomosidi, 2023):

  1. Meningkatkan kesehatan mental, riset menunjukkan bahwa individu dengan selfesteem dan self love yang rendah akan rentan terkena berbagai gangguan mental seperti depresi, gangguan cemas, hingga gangguan makan.
  2. Meningkatkan harga diri, dengan mencintai dan menerima diri sendiri, remaja dapat meningkatkan harga diri mereka. Hal ini akan membantu mereka merasa lebih percaya diri untuk menghadapi tantangan hidup dengan lebih baik.
  3. Mengembangkan hubungan yang sehat, self love dapat berpengaruh terhadap hubungan sosial remaja. ketika remaja mencintai serta menerima diri sendiri, mereka cenderung memiliki hubungan yang lebih sehat dengan orang lain.
Baca Juga :
Metode Evaluasi Psikologi Jogja di LPT Delta: Pendekatan Profesional untuk Pemahaman Mendalam

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan remaja untuk menerapkan self love dalam kehidupan sehari-hari diantaranya sebagai berikut:

  1. Kenali diri sendiri,
  2. Kurangi membandingkan pencapaian orang lain dengan proses kehidupan yang
    sedang kita jalani,
  3. Mulai untuk lebih aware dan merawat diri,
  4. Tingkatkan kesadaran diri,
  5. Jalin komunikasi yang baik dan sehat dengan orang sekitar.

Dapat disimpulkan bahwa self love merupakan konsep penting yang berperan dalam perkembangan remaja dan merupakan sebagian upaya untuk menjaga pertumbuhan hingga perkembangan fisik dan psikis pada diri remaja. dengan mencintai dan menerima diri sendiri, secara tidak langung dapat meningkatkan harga diri , kesehatan mental, serta hubungan sosial remaja dengan individu lainnya.

 

Daftar Pustaka

Astuti, D. W., & Purnomosidi, F. (2023). Implementasi Self Love Pada Remaja. Batara Wisnu Journal : Indonesian Journal of Community Services, 3(2), 2023.

Putri, F., Firlly, A., Suhardi, R., & Napitupulu, R. (2023). Self Love untuk Mengurangi Insecurity terhadap Negative Body Image Perception. Jurnal Ilmiah Zona Psikologi, 5, 14–19. http://ejurnal.univbatam.ac.id/index.php/zonapsikolog

Septiana, N. Z., & Darina, J. (2021). Membangun Self Love Pada Remaja Pengguna Instagram Ditinjau Dari Perspektif Dramaturgi (Studi Fenomenologi Remaja Pengguna Instagram Di Desa Ngebrak). Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 1–17. https://doi.org/10.36379/shine.v2i1.181

Komentar dinonaktifkan: Pentingkah Self Love pada Diri Remaja?

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

a Artikel Terkait Pentingkah Self Love pada Diri Remaja?

Konseling Online Jogja

Konseling Online Jogja: Memahami Layanan dan Keunggulannya di LPT Delta

T 3 Juni 2024 F , , A DELTA

Konseling Online Jogja – Konseling online telah menjadi salah satu solusi yang terus berkembang dalam mendukung pelayanan kesehatan mental di berbagai belahan dunia, termasuk di Yogyakarta, atau yang lebih akrab disebut Jogja. Lembaga Psikologi Terapan (LPT) Delta merupakan salah satu... Selengkapnya

Tes Psikologi Cimahi

Tes Psikologi Cimahi di LPT Delta: Solusi Terpercaya untuk Kesehatan Mental Anda

T 21 Mei 2024 F , , , A DELTA

Tes Psikologi Cimahi – Lembaga Psikologi Terapan (LPT) Delta telah lama dikenal sebagai lembaga yang mengutamakan pelayanan terbaik dalam bidang kesehatan mental. Salah satu layanan unggulan yang ditawarkan oleh LPT Delta adalah Tes Psikologi Cimahi. Tetapi, apa sebenarnya Tes Psikologi... Selengkapnya

Psikolog Tasikmalaya

Psikolog Tasikmalaya

T 20 Mei 2024 F , , A DELTA

Arti Psikolog Psikolog Tasikmalaya – Secara umum Psikolog adalah seseorang yang pakar psikologi, bidang ilmu ilmu yang mempelajari tingkah laku dan proses mental. Di Indonesia, psikolog secara tertentu mengarah pada seorang praktisi psikologi yang telah menempuh pendidikan profesi psikologi. Dengan... Selengkapnya

+ SIDEBAR

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/layanan kami.

Tentang LPT DELTA

Logo Delta 2023

LPT Delta adalah lembaga psikologi terapan yang berkomitmen untuk menyediakan layanan psikologis berkualitas tinggi. Dengan tim profesional yang berpengalaman, LPT Delta fokus pada penerapan prinsip-prinsip psikologi untuk membantu individu dan kelompok mencapai kesejahteraan mental dan emosional. Melalui pendekatan yang holistik dan solusi-oriented, LPT Delta menjadi mitra tepercaya dalam membantu individu mengatasi tantangan psikologis dan mencapai potensi penuh mereka.