Syarat Menjadi Seorang Psikolog

Syarat menjadi seorang psikolog yaitu dengan menyelesaikan pendidikan S1 Psikologi dan S2 di jurusan profesi psikologi lalu dilanjutkan dengan menjalankan sidang profesi oleh HIMPSI dan mengurus surat ijin praktik (SIPP).


Psikolog adalah

Psikolog adalah seseorang yang ahli dalam bidang psikologi yang mempelajari dan meneliti tentang tingkah laku dan proses mental seorang manusia. Ada juga yang mengartikan psikolog merupakan seorang praktisi psikologi yang sudah menempuh pendidikan profesi psikologi.

Apakah mahasiswa lulusan psikologi adalah seorang psikolog? Belum tentu, selama dia belum menempuh pendidikan profesi maka belum bisa disebut sebagai psikolog. Salah satu tempat untuk para psikolog di Indonesia adalah HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).


Beda psikolog dan psikiater

Dua profesi ini berbeda pada latar belakang pendidikan. Psikolog memiliki latar belakang psikologi. Psikiater adalah lulusan dari fakultas Kedokteran atau sekolah kedokteran yang menempuh spesialisasi kedoteran jiwa.


Macam-Macam Psikolog

Secara umum psikolog dapat dibedakan ke dalam beberapa kategori yaitu :


• Psikolog klinis

Seorang Psikologi klinis mempunyai tugas dalam memahami dan memberi bantuan kepada mereka yang mengalami masalah-masalah psikologis. Selain itu juga memberi bantuan kepada yang mengalami gangguan penyesuaian diri dan tingkah laku yang abnormal.


• Psikolog Pendidikan

Psikolog ini tugas utamanya adalah menganalisa keadaan psikologi seseorang siswa maupun guru. Keadaan ini berhubungan dengan motivasi belajar, stress dan semangat belajar.


• Psikolog Industri

Psikolog yang berkonsentrasi terhadap perilaku manusia di dunia industri atau tempat kerja atau usaha. Psikolog ini sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha karena bertugas dalam pengambilan keputusan kelompok. Selain itu juga semangat kerja karyawan, motivasi kerja, produktivitas stress kerja dan masih banyak lagi.


• Psikolog Forensik

Psikolog forensik bertugas dalam menganalisa kondisi psikologi dari seorang terdakwa dan membantu menyembuhkan psikologi seorang narapidana.

Baca Juga :  Psikolog Payakumbuh


Syarat-syarat untuk Menjadi Psikolog


Syarat Akedemik


Sesusai dengan kurikulum baru di Indonesia, untuk dapat menjadi seorang psikolog harus menyelesaikan pendidikan sarja psikologi (S1) dan magister psikologi profresi (S2).
Lain halnya bila kamu bukan merupakan lulusan dari Perguruan Tinggi Indonesia dan menjadi lulusan dari perguruan luar negeri.
Seorang psikolog juga harus menyelesaikan pendidikan di luar negeri dan telah mendapat akreditasi kemudian diikutsertakan dengan psikolog Indonesia oleh Dikti dan Depdiknas Republik Indonesia.

Syarat Perizinan

Setelah menempuh pendidikan psikologi, seorang psikolog harus mendapatkan izin praktek yang dikeluarkan oleh pihak yang berwenang. Untuk mendapatkan izin sebagai seorang psikolog yaitu dengan mendaftarkan diri dan mengikuti sidang profesi oleh HIMPSI (Himpunan Psikologi Indonesia).

Saat sudah lulus menjalankan sidang profesi ini maka sudah siap untuk menjadi seorang psikolog. Tinggal mendaftarkan menjadi keanggotaan HIMPSI dan mengurus surat izin pratek psikologi (SIPP).

Selain itu seorang psikolog juga harus mempunyai dua buah sertifikat yaitu : Sertifikat Sebutan Psikolog (SSP) dan Surat Izin Praktik Psikologi (SIPP). Untuk mendapatkan kedua sertifikat tersebut, harus melalui tahap-tahapan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

KeahlianYang Harus Dimiliki Seorang Psikolog

Setelah memenuhi cara menjadi psikolog, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki oleh seorang psikolog.

• Memiliki kemamapuan komunikasi

Tidak mempunyai kemampuan komunikasi maka seorang psikolog akan kesulitan dalam menggiring dan menggali informasi dari klien yang mengalami masalah. Terasa sulit untuk membangun dan mengarahkan klien.

• Mempunyai kemampuan menjaga rahasia

Seorang psikolog harus mempunyai kode etik untuk menjaga rahasia dan identitas klien dengan sangat baik. Data klien dan apa yang diutarakan klien benar-benar dijaga. Jika seorang psikolog tidak bisa menjaga rahasia, bisa dipastikan klien akan lari. Hal ini dikarenakan menjaga klien merupakan salah satu bentuk dari kredibilitas dari seorang psikolog.

Baca Juga :  Konsultasi Psikologi Surabaya

• Mempunyai kesabaran dan menjadi pendengar yang baik.

Seorang psikolog harus mempunyai kesabaran dan menjadi pendengar yang baik bagi setiap klien yang datang mengutarakan semua permasalahannya


• Mempunyai wawasan yang luas

Seorang psikolog yang baik dan sukses harus memiliki wawasan yang luas karena yang mereka hadapi adalah psikis dari seorang pasien yang sedang konsultasi psikologi. Untuk memperluas wawasannya maka seorang psikolog dapat membaca buku buku psikologi.