Syarat syarat Menjadi Psikolog Forensik

syarat syarat menjadi psikolog forensik –  Syarat menjadi psikolog forensik adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan seorang psikolog yang membantu penyelidikan dan interogasi terhadap suatu tindak kriminal didalam persidangan.

Jurusan Psikologi

Pada hakekatnya Psikologi merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang perilaku dan fungsi mental manusia dengan cara yang ilmiah. Tetapi seiring perkembangan jaman mengalami perubahan dengan bermunculan teori-teori yang baru. Sehingga pada akhirnya Ilmu Psikologi dapat berdampingan dengan disiplin ilmu yang lain, seperti neurologi yang mempunyai dasar dari dunia medis. Neurologi sendiri adalah sebuah pendekatan yang dilaksanakan oleh seorang Psikolog guna mengetahui kegiatan otak manusia secara menyeluruh. Dengan semakin berkembangnya ilmu ini, diikuti juga prospek kerja bagi seseorang yang mengambil jurusan Ilmu Psikologi.

Psikolog Forensik

Psikologi forensik merupakan teori psikologi dan penelitian yang ada kaitannya dengan akibat dari faktor kognitif dan afektif. Selain itu efek dari perilaku pada proses hukum.  Beberapa efek dari ketidaksengajaan manusia yang dapat menyebabkan berbagai segi pada bidang hukum yaitu penilaian yang bias, ketergantungan pada ingatan yang keliru, stereotip dan keputusan yang tidak benar atau tidak adil. Dengan adanya hubungan antara psikologi dan hukum, seorang psikolog seringkali diminta membantu sebagai saksi ahli dan konsultan di dalam ruang persidangan. Bagian utama dari psikologi forensik yaitu kemampuannya untuk mengetes di ruang siding, reformulasi penemuan psikologi ke dalam bahasa resmi dalam pengadilan dan menyediakan info pada seseorang yang resmi sehingga dapat dipahami. Oleh sebab itu ahli psikologi forensik harus dapat mengartikan info psikologis ke dalam kerangka resmi yang disusun.

Psikolog forensik adalah seorang psikolog yang menggunakan ilmunya di bagian bidang psikologi dalam bagian hukum. Perkejaan yang utama dari seorang psikolog forensik yaitu menganalisa keadaan psikologi dari seorang terdakwa dan membantu memulihkan kondisi psikologi seorang narapidana.

Baca Juga :  Biro Psikologi Sabang

Tugas Seorang Psikolog Forensik

  • Menganalisa keadaan mental terdakwa atau narapidana
  • Menjadi mediasi atau membantu menyelesaikan masalah psikologi terdakwa atau narapidana
  • Menyembuhkan keadaan psikologis narapidana atau terdakwa
  • Menggali latar belakang / motif pelaku kasus hukum dan mempelajari tipe orang-orang yang terlibat pada kasus tersebut
  • Melaksanakan asesmen pada perilaku tersangka, korban atau pelaku dalam membantu proses hukum dan pengambilan keputusan

Syarat menjadi seorang Psikolog Forensik

Pada aspek ketahanan dan hukum para lulusan Psikologi sangat dibutuhkan. Hal ini demikian ini akan sangat dibutuhkan dalam membantu penyelidikan dan interogasi terhadap tersangka dengan kasus kriminal atau tindak kejahatan lainnya. Syarat-syarat yang harus dilengkapi apabila seseorang ingin menjadi Psikolog forensik adalah sebagai berikut.

  • Lulusan S1 atau S2 Psikologi
  • Mempunyai gelar Doktor Psikologi ataupun Ph.D dalam Psikologi Forensik
  • Mempunyai gelar hukum
  • Mempunyai pengakuan / lisensi dari negara