Perbedaan INFP-a dan INFP-t

Pengertian Kepribadian INFP


Tipe kepribadian INFP merupakan kepanjangan dari introvert, intuition, feeling, perceiving. Penjelasan dari masing-masing huruf-huruf tersebut adalah sebagai berikut:

  • Huruf pertama adalah cara individu memusatkan perhatian
  • Huruf kedua yaitu cara individu memahami informasi dari luar
  • Huruf ketiga menjadi tolok ukur cara individu menarik kesimpulan dan membuat suatu keputusan
  • Huruf terakhir memperlihatkan pola hidup individu

Introversion (i): tipe kepribadian INFP yang cenderung pendiam dan menyendiri. Biasanya mereka lebih memilih berteman dengan sedikit orang.
Intuitive (n): tipe kepribadian INFP ini cenderung melihat tentang gambaran besar daripada detail. Mereka teliti pada hal yang disukai saja dengan mengabaikan detail yang membosankan.
Feeling (f): tipe kepribadian INFP banyak dipengaruhi oleh perasaannya daripada informasi obyektif.
Perceiving (p): tipe kepribadian INFP ini senang menjaga pilihan tetap terbuka sehingga mereka lebih sering menunda membuat keputusan dalam melihat apakah ada pilihan atau sesuatu yang baru.

INFP terkenal dengan seseorang yang memiliki pribadi yang idealis, kreatif, misterius, penuh empati, sekaligus individualistis. Dari 16 kepribadian menurut Myers–Briggs Type Indicator, INFP menjadi tipe yang sangat/paling penasaran, terbuka, dan sering salah arti.
Mereka mempunyai tipikal pencari jalan hidup yang penuh inspiratif dan menggugah. Tidak mengherankan jika INFP lebih berminat terhadap hal-hal tentang seni, kemanusiaan dan agama.


INFP mempunyai kemiripan dengan tipe introvert “intuition”, dimana mereka sebelum berkomitmen dengan hal lain sudah mempunyai komitmen terlebih dahulu dengan dirinya sendiri. Mereka merasa butuh pencarian jati diri padahal prosesnya tidaklah cepat. Perlu waktu untuk menentukan siapa mereka, apa yang mereka inginkan, tujuan hidupnya, dan sebagainya.


Perbedaan INFP-A dan INFP-T


Sebenarnya INFP tidak hanya sebatas INFP saja. Ada satu huruf yang dapat menjadikan perbedaan di antara INFP. Sementara anda dapat menjadi seorang INFP-A atau INFP-T.

Baca Juga :  Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Sehingga huruf A dan T ini dapat berlaku untuk tipe kepribadian yang lain, tidak hanya untuk INFP saja. Huruf A yaitu Assertive. Makna harfiahnya adalah tegas atau teguh. Sedangkan huruf T yaitu Turbulent. Makna harfiahnya yaitu bergejolak, berkecamuk atau bergelora. Sebagian mayoritas INFP mempunyai ketegasan yang rendah. Hal ini mirip dengan tipe INTP, ISFP, dan ISTP.

Sehingga seseorang INFP itu sulit dalam mengekspresikan pikiran dan perasaannya secara langsung. Disitu banyak keraguan, pertimbangan dan banyak alasan yang lain dimana membuat mereka mengurungkan rencana dalam menyampaikan sesuatu secara langsung atau terbuka. Mereka lebih sering memilih diam atau paling tidak hanya memberi kode. Namun sayangnya tidak semua orang dapat memahami Bahasa kode. Orang INFP-T akan lebih mudah dan sering frustrasi, stress dan mungkin depresi dengan keadaan ini.

Hal inilah yang menjadi salah-satu titik kekurangan seorang INFP-T dan dapat mempunyai efek pada masalah asmara, karier dan hubungan lain. INFP yang bertipe Assertive jumlahnya tidak banyak. Biasanya tipe seperti ini lebih matang dan stabil. Mereka lebih (PD) percaya diri dan lebih bisa mengekspresikan apa yang dipikirkan atau dirasakan. Mereka dapat mengurangi potensi masalah, marah yang terpendam, stres, dan sebaganya. Pada umumnya orang INFP, sulit dipahami dan misteri. Hanya orang-orang tertentu yang dapat menerjemahkannya.

Untuk mengetahui apakah kita seorang yang INFP maka sebaiknya dilakukan tes kepribadian tersebut melalui tes psikologi di biro psikologi atau lembaga psikologi. Keadaan ini akan membuat kita mengalami salah satu gejala yaitu stess. Terkadang keadaan yang demikian ini justru akan menggaggu terhadap lingkungan masyarakat sekitar.