Psikolog Pernikahan: Anda pengin menikah?

Pengertian Psikolog Pernikahan

Sebelum kita membicarakan pengertian tentang Psikolog Pernikahan, alangkah baiknya jika kita berbicara Psikologi Pernikahan terlebih dahulu. Psikologi Pernikahan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku seorang manusia atau gejala-gejala kejiwaan serta perbuatannya pada umumnya berhubungan dengan pernikahan. Dalam hal ini akan mempelajari segala tentang kejiwaan seseorang dalam pernikahan, baik itu bagaimana perbuatan, impian, harapan maupun perhatiannnya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Psikolog Pernikahan adalah seseorang yang mempelajari tingkah laku seorang manusia atau gejala-gejala kejiwaan serta perbuatannya pada umumnya berhubungan dengan pernikahan. Biasanya Psikolog sudah dibekali ilmu mulai dari Pendidikan jenjang S1 sampai dengan program Profesi.

Makna Pernikahan

Psikologi dalam sebuah pernikahan adalah banyak faktor yang melatarbelakangi sebuah pernikahan, faktor tersebut dapat berupa psikologi agama, psikologi keluarga dan hukum yang sudah disahkan oleh negara. Banyak sekali pengertian pernikahan menurut beberapa ahli ilmu psikologi diantaranya :

  1. Pernikahan adalah sebuah hubungan dimana hubungan tersebut menyangkut antara perempuan dan juga laki-laki yang diakui secara sosial, menyediakan hubungan seksual dan pengasuhan anak yang sah, serta di dalamnya terjadi sebuah pembagian hubungan kerja yang jelas bagi masing-masing pihak.
  2. Pernikahan adalah antara dua mitra yang memiliki obligasi berdasarkan minat kepribadian dan juga kegairahan.
  3. Pernikahan adalah sebuah komitmen emosional dan juga hukum dari dua orang yang untuk membagi kedekatan emosional dan fisik berbagai bermacam tugas dan sumber ekonomi.

Pernikahan yang sukses adalah usaha dan hasil kerjasama dari dua orang yang berusaha merawat dan memelihara cintanya. Pernikahan yang sukses membuahkan hidup yang Bahagia. Ada tiga macam kebutuhan manusia yang harus terpenuhi agar dapat hidup bahagia dan tenang yaitu:

  1. Kebutuhan vital biologis, yaitu : makan, minum dan hubungan seks.
  2. Kebutuhan sosial kultural, yaitu : pergaulan sosial, pendidikan dan kebudayaan.
  3. Kebutuhan metafisik atau religius, yaitu : agama, filsafat hidup dan moral.
Baca Juga :  Lembaga Psikologi: Dimana tempat yang terbaik?

Ketiga kebutuhan tersebut saling berhubungan erat dan terkait, satu dengan yang lain saling mempengaruhi dan ketiganya harus terpenuhi untuk dapat disebut hidup bahagia dan damai.

Permasalahan dalam pernikahan

Setiap pasangan memiliki permasalahannya sendiri-sendiri dan cara mengatasi masalah yang berbeda-beda pula. Ada 8 permasalahan paling umum dalam pernikahan :

  1. Komunikasi tidak lancar
  2. Seks dan keintiman
  3. Pembagian tugas
  4. Masalah keuangan
  5. Perasaan dimanfaatkan
  6. Pertengkaran dan konflik
  7. Perasaan sakit hati yang disimpan
  8. Ketidaksetiaan dan perselingkuhan

Bagaimana bertemu dengan Psikolog Pernikahan?

Apabila anda dan pasangan mempunyai permasalahan seperti yang tersebut diatas dalam pernikahan dan ingin bertemu dengan Psikolog Pernikahan, silahkan hubungi kami LPT DELTA di 089665529596. Untuk bisa bertemu dengan Psikolog Pernikahan biasanya klien membuat janji terlebih dahulu. Klien telp/chat dengan admin, kemudian dari DELTA menentukan jadwal untuk bertemu dengan Psikolog. Setelah disepakati waktu, jam dan tempat maka dibuat janji temu tersebut.

Leave a Comment