Psikolog: Mengapa Surat Rekomendasi diperlukan untuk masuk SD?

Mengapa Surat Rekomendasi diperlukan untuk masuk SD? – Surat Rekomendasi Psikolog adalah surat yang dikeluarkan oleh psikolog yang menjelaskan bahwa siswa/calon peserta didik sudah layak untuk masuk ke sekolah jenjang lebih lanjut walaupun belum memenuhi persyaratan umur.

Belakangan ini banyak orang tua yang mempunyai anak yang sudah lulus dari TK (Taman Kanak-kanak) ingin mendaftarkan ke SD (Sekolah Dasar). Hal ini tentu para orang tua disibukkan dengan mencari surat rekomendasi dari Psikolog, mengapa? Iya…karena kebanyakan dari mereka usianya belum memenuhi syarat ketentuan usia anak masuk Sekolah Dasar.

Pemerintah mengatur tentang usia anak masuk SD pada Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 yang berbunyi bahwa: “Persyaratan untuk calon siswa kelas 1 SD berusia 7 tahun atau paling rendah 6 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan”.  Hal ini berarti usia anak masuk SD paling rendah 6 tahun sebagaimana tersebut, yakni paling rendah 5 tahun 6 bulan per tanggal 1 Juli tiap tahunnya. Peraturan pemerintah ini menjelaskan bahwa bagi calon siswa yang mempunyai potensi kecerdasan atau bakat istimewa/khusus dan siap secara psikis juga telah dibuktikan dengan rekomendasi tertulis dari psikolog. 

Hal inilah yang menjadikan para orang tua sibuk mencari surat rekomendasi dari psikolog agar anaknya yang usianya belum memenuhi persyaratan tetap bisa masuk di Sekolah Dasar. Yang menjadi perhatian khusus adalah apakah benar anak yang dimaksud sudah siap secara usia kronologis atau apakah secara kognitif dan psikologi anak-anak mereka sudah mampu memasuki fase baru di Sekolah Dasar? Yang tidak diinginkan adalah jika justru sebenarnya itu merupakan keinginan dari para orang tua karena merasa anaknya telah mampu menurut versinya dan bahkan sebagai ajang gengsi saja.

Perkembangan kognitif belum Matang

Apabila kita melihat dari tahapan perkembangan seorang anak usia 6 tahun ke bawah yakni untuk masuk ke tahap pendidikan Sekolah Dasar secara kognitif, moral, fisik, emosi masih belum siap/matang. Dilihat secara kognitif, anak usia 5-6 tahun masih berada pada fase belajar berpikir dengan simbol tetapi pemikiran anak-anak usia tersebut belum sistematis. Bahkan secara emosional, anak-anak tersebut masih sering memunculkan ledakan emosi misalnya amarah, malu, takut, juga gampang bosan. 

Baca Juga :  Biro Psikologi Bima

Surat Rekomendasi psikolog

Hal inilah mengapa surat rekomendasi dari psikolog sangat dibutuhkan. Surat Rekomendasi tersebut menggali apakah anak tersebut mampu secara usia mental sehingga dapat masuk ke Sekolah Dasar walaupun usianya masih 6 tahun. Sebaiknya para orang tua juga lebih memperhatikan dan mempertimbangkan dari segala aspek khususnya aspek kemandirian dan kematangan sosial juga aspek psikologis anak. 

Dalam hal ini orang tua perlu memperhatikan efek jangka panjang karena terdapat beberapa kemungkinan.  Hal yang dapat menjadi pertimbangan orang tua jika usia anaknya 6 tahun kurang sudah masuk ke bangku Sekolah dasar. Pertimbangannya adalah mungkin secara kognitif anak bisa mengikuti namun secara mental apakah anak tersebut menikmati kegiatan sekolah. Hal yang dikhawatirkan adalah dia merasa tertekan, menjadi jenuh ditengah jalan karena mengikuti padatnya jadwal pelajaran dari sekolah.

Tidak menyalahkan orang tua apabila menyekolahkan anak di tempat yang terbaik. Orang tua juga tidak salah menyekolahkan anak sedini mungkin. Tetapi yang perlu dipertimbangkan adalah dari segi tahap perkembangan dan psikologis anak untuk jangka panjangnya. Peran orang tua disini sangat menentukan seperti apa kelak anak kita. Disinilah peran orang tua sangat menentukan dalam mendidik dan membentuk karakternya.