Tes Minat Bakat Yogyakarta

Tes minat bakat yogyakarta adalah tes psikologi yang mengungkap bakat dan minat siswa yang diselenggarakan biro/lembaga psikologi di wilayah Yogyakarta. Selain itu, juga mengungkap kecenderungan kepribadian dan kecerdasan siswa. Dengan demikian, siswa dapat memilih jurusan yang tepat berdasarkan bakat dan minat yang ia miliki. Dengan pemahaman siswa mengenai bakat dan minat yang dimiliki, siswa dapat lebih mudah memahami potensi yang ada dan minat yang ia miliki pada satu bidang kerja sehingga dapat membantu memprediksi kemungkinan kesuksesan atau kegagalan siswa dalam bidang tertentu berdasarkan potensi  serta minat yang dimiliki. Tes ini juga dapat membantu siswa memahami dan mengenal dirinya sendiri karena dengan membaca hasil tes bakat minat, siswa dapat lebih mengetahui hal yang menarik bagi dirinya, keunggulan serta hal yang perlu ditingkatkan terutama yang berkaitan dalam meraih prestasi sekolah sesuai dengan bakat dan minat yang siswa miliki.

Tes minat bakat anak

Perkembangan anak usia dini sangatlah penting, Pada masa anak–anak perlu dibimbing agar bakat yang melekat dalam dirinya dapat terbentuk sejak dini. Sebagai orang tua hendaknya memberikan support yang tepat untuk anaknya. Salah satunya contohnya memberikan fasilitas dan kegiatan yang dapat mengembangkan bakat dan potensi anak. Tetapi terkadang kita tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mengetahui bakat dan minat anak serta bagaimana caranya. Potential, Passion, Personality, Physical (4P), bisa membantu orang tua dalam mengenal keunggulan dan minat anak. Tes 4P adalah tes yang dilakukan untuk anak berusia 4 hingga 12 tahun.

Manfaat Tes Minat Bakat Yogyakarta untuk umur 4-12 Tahun

  • Mengoptimalkan kemampuan anak

mengetahui kemampuan dan potensi anak sejak dini membuat kita paham kekuatan anak dimana sehingga dapat memberikan stimulasi yang tepat.

  • Pencegahan masalah belajar

Mengatasi dan mencegah masalah belajar di sekolah ataupun di rumah dengan membuat strategi.

  • Pemilihan kurikulum dan aktifitas yang tepat

Kurikulum dan aktivitas yang tepat untuk anak akan mengasah potensi, minat dan bakat anak secara maksimal.

Bagaimana pelaksanaan tes-nya ?

Tes pada anak dilakukan secara individual oleh seorang psikolog anak. Asessmen dilakukan selama 2 jam yakni berupa interview, aktivitas belajar (menggunakan media puzzle, balok, kartu bergambar), mengggambar dan bercerita. Hasil tes akan dianalisa langsung oleh psikolog ­­­anak DELTA 2-3 minggu, kemudian diikuti dengan sesi konseling bersama psikolog anak untuk membahas hasil laporan tes.

Tes untuk pilih jurusan kuliah

Kesalahan mengambil jurusan pada saat kuliah akan berakibat fatal. Hal ini akan menyebabkan kurang  maksimalnya performa dan tidak berkembangnya keterampilan yang dimiliki saat kuliah. Kesalahan dalam pengambilan jurusan sebagian besar diakibatkan kurangnya pengetahuan tentang bakat dan minat yang dimilikinya.  Mahasiswa memilih jurusan kuliah hanya menurut saran orangtua dan teman tetapi tidak mempertimbangkan bakat dan minat yang ia miliki.

Aplikasi tes jurusan kuliah

Dalam membuat suatu keputusan untuk menentukan jurusan apa yang kita ambil untuk kuliah nanti adalah sesuatu yang sulit. Ada salah satu cara untuk menemukan jalan bagaimana bisa memecahkan masalah tersebut yaitu dengan aplikasi tes jurusan online. Beberapa aplikasi tes jurusan Tes Minat dan Bakat Untuk Memilih Jurusan Kuliah adalah Online adalah sebagai berikut:

1. Temu Bakat

Aplikasi tes Temu Bakat ini menggunakan Tes Strength Typologi (ST-30). Tes ini bisa menghasilkan gambaran yaitu kompetensi dan minat seseorang terhadap suatu pekerjaan. Gambaran kompetensi ini berdasarkan 30 tipologi manusia.  Kompetensi ini terkait dengan kekuatan yang produktif Personal Brand seseorang. Anda bisa mengunjungi situs http:/temubakat.com.

2. Hipwee   

Pada halaman awal Hipwee ini langsung muncul judul halaman “Yuk Cek Sebenarnya Kamu Cocok Jadi Mahasiswa Jurusan Apa!”. Di halaman ini langsung ditampilkan pertanyaan dengan ilustrasi yang menarik. Anda tinggal memilih pernyataan yang menurut Anda paling sesuai dengan cara mengekliknya. Setelah itu halaman akan berganti ke halaman pertanyaan berikutnya. Halaman terakhir adalah hasil tes berupa tipe kepribadian. Hasil tes kepribadian dilengkapi dengan saran jurusan kuliah dan pekerjaan yang cocok untuk Anda. Untuk mengikuti tes minat dan bakat sangat mudah. Anda tinggal buka link ini https://www.hipwee.com/quiz/.

3. Tes Minat Bakat Quipper Campus

Hasil penilaian tes minat dan bakat quipper campus ini didasarkan pada teori RIASEC. Teori ini untuk mengetahui potensi seseorang berdasarkan kepribadiannya. RIASEC adalah jenis-jenis tipe kepribadian yaitu Realistic, Investigative, Artistic, Social, Enterprising dan Conventional. Untuk dapat mengikuti tes ini dapa menuju link http://campus.quipper.com.

4. Educations.com

Tes minat dan bakat di situs education.com disajikan jumlah pertanyaan sebanyak 35 pertanyaan. Setelah mengikuti tes ini jawabannya langsung ditampilkan.  Untuk mengikuti tes ini caranya sangat mudah, tinggal klik link berikut http://educations.com. Tampilan depan slogannya “Online Gratis Tes Karir”.

5. Tes Bakat Indonesia

Tes Bakat Indonesia terdapat beberapa paket tes minat dan bakat untuk beberapa tingkatan sekolah dengan tujuan masing-masing. Bagi mahasiswa yang akan memilih jurusan kuliah dapat mencoba Paket 3P (Potential, Passion and Personality Test). Tes ini dapat memberikan gambaran minat, potensi dan kepribadian Anda. Tes ini akan memperlihatkan  kesesuaian diri pada 21 jurusan kuliah yang ada. Untuk mendaftar melakukan tes dapat mengunjungi website di www.tesbakatindonesia.com.

Tes minat bakat smp

Tes minat bakat untuk anak SD memang sifatnya relatif. Tes tersebut untuk merespons apa yang diterima atau dipelajari. Berbeda dengan anak SMP yang sudah mulai memiliki keinginan sendiri, ada informasi di luar rumah, keluarga, atau lingkungan. Tes minat bakat ini membantu anak supaya bisa lebih fokus. Di masa SMP, minat anak bisa berkembang, seiring bertambahnya wawasan baru. Untuk  level SMA, tes minat bakat lebih kompleks dan khusus. Hal ini karena ada tuntutan jurusan atau pekerjaan yang akan dipilih. Pendidikan di Indonesia sering sekali berubah peraturan dan kurikulumnya semua itu demi kemajuan Pendidikan di Indonesia. Berikut ini  ada beberapa contoh soal Psikotest SMP – SMA yang sering dilaksanakan untuk mengatahui minat bakat dan kemampuan siswa.

Contoh soal Psikotest SMP – SMA ini  digunakan saat anak SMP kelas 3 mengikuti psikotest di sekolah.  Sedangkan untuk anak SMA sering kali digunakan saat penjurusan. Contoh soal psikotest adalah sebagai berikut:

A. Pilihlah Salah Satu Jawaban Yang Paling Benar!

I. Analogi verbal pemahaman terhadap HUBUNGAN ANTAR KATA
1.    Dingin – Selimut = Hujan – ….   a. Air   b. Payung   c. Dingin   d. Basah
2.    Ayah – Anak = Pohon – ….   a. Daun   b. Tunas   c. Ranting   d. Akar
3.    Pintar – Belajar = Bodoh – ….   a. Cerdas   b. Rajin   c. Dosen   d. Malas
4.    Februari – April = Mei – ….   a. Juli   b. Agustus   c. September   d. Oktober
5.    Ekspor – Pergi = Impor – ….   a. Luar   b. Dagang   c. Masuk   d. Asing


II. Analogi verbal pemahaman terhadap ANTONIM (LAWAN KATA)
6.    ABSEN >< ….   a. Sakit   b. Masuk   c. Ijin   d. Hadir
7.    AKTUAL >< ….   a. Kadaluwarsa   b. Nyata   c. Lama   d. Baru
8.    AKURAT >< ….   a. Teratur   b. Sembarangan   c. Ceroboh   d. Meleset
9.    GAGAL >< ….   a. Batal   b. Bahaya   c. Berhasil   d. Berguna
10.    GERSANG >< ….   a. Subur   b. Kering   c. Tandus   d. Kemarau
11.    HETEROGEN >< ….   a. Harmonis   b. Selaras   c. Multi   d. Homogen
12.    JUMBO >< ….   a. Besar   b. Super   c. Bangkok   d. Kecil
13.    KOHESI >< ….   a. Agresi   b. Adhesi   c. Swadesi   d. Asimilasi
14.    DIALOG >< ….   a. Monolog   b. Prolog   c. Epilog   d. Interaktif
15.    ANTIPATI >< ….   a. Apatis   b. Peduli   c. Simpati   d. Acuh