Tes penjurusan sma atau smk

Tes penjurusan SMA atau SMK adalah suatu bentuk tes untuk mengetahui tingkat kecerdasan siswa dalam menentukan jurusan di SMA atau SMK. Tes penjurusan ini meliputi beberapa aspek, yaitu 3P yaitu Potensial, Personality dan Passion

Aspek tes penjurusan SMA atau SMK

Potensial

Mengukur 10 aspek kecerdasan anak dalam memilih jurusan yang tepat, sesuai dengan potensinya.

Personality

Mengukur aspek kepribadian yang terbagi dalam 2 kategori yaitu sikap kerja dan psikososial, yang terdiri dari level ketelitian, daya tahan terhadap stress, stabilitas emosi, kemampuan beradaptasi, motivasi, dan kecepatan kerja

Passion

Memilih jurusan yang tepat berdasarkan minat. Hasil dari passion ini dapat melihat minat terhadap sebuah indsutri dan menghasilkan data yang lengkap dan spesifik berdasarkan minat tertinggi hingga terendah.

Pentingkah tes bakat minat itu? Berdasarkan penelitian Indonesia Career Center Network (ICCN) tahun 2018, diketahui sebanyak 86,9% mahasiswa Indonesia mengakui bahwa jurusan yang diambil tidak cocok dengan minatnya.

Kesalahan dalam pengambilan jurusan saat kuliah, akan berdampak pada tidak maksimalnya performa yang ditampilkan serta tidak berkembangnya keterampilan yang dimiliki saat kuliah.

Kesalahan dalam pengambilan jurusan pada mahasiswa sebagian besar terjadi akibat kurangnya pengetahuan mengenai bakat dan minat yang dimiliki.

Akibatnya, mahasiswa memilih jurusan kuliah hanya berdasarkan saran orangtua dan teman tanpa mempertimbangkan bakat dan minat yang ia miliki.

Tes Bakat Minat menjadi kunci

Tes bakat minat adalah tes psikologi yang mengungkap bakat dan minat siswa. Selain itu, juga mengungkap kecenderungan kepribadian dan kecerdasan siswa. Dengan demikian, siswa dapat memilih jurusan yang tepat berdasarkan bakat dan minat yang ia miliki.

Dengan pemahaman siswa mengenai bakat dan minat yang dimiliki, siswa dapat lebih mudah memahami potensi yang ada dan minat yang ia miliki pada satu bidang kerja sehingga dapat membantu memprediksi kemungkinan kesuksesan atau kegagalan siswa dalam bidang tertentu berdasarkan potensi  serta minat yang dimiliki.

Baca Juga :  Biro Psikologi Tasikmalaya

Tes psikologi penjurusan ini juga dapat membantu siswa memahami dan mengenal dirinya sendiri karena dengan membaca hasil tes bakat minat, siswa dapat lebih mengetahui hal yang menarik bagi dirinya, keunggulan serta hal yang perlu ditingkatkan terutama yang berkaitan dalam meraih prestasi sekolah sesuai dengan bakat dan minat yang siswa miliki.

Usia yang pas untuk tes penjurusan

Sebaiknya dilakukan sejak anak berusia 15 tahun atau SMP kelas 9, dan hasilnya dapat berlaku selama satu tahun sejak tes dilakukan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, siswa sebaiknya dalam kondisi yang sehat, sehingga siswa dapat berkonsentrasi penuh dalam menyelesaikan seluruh rangkaian tes yang dilakukan.

Dimana tempat sesuai untuk tes penjurusan?

LPT DELTA bisa menjadi pilihan atas solusi permasalahan anda, kami melayani seluruh Indonesia. Jadi, di kota manapun kamu sekolah selama itu masih di negara Indonesia Tim LPT DELTA dapat membantu kamu. Silahkan hubungi kontak di bawah ini:

  • WhatsApp 089665529596
  • Email: deltapsikologi@gmail.com
  • Kantor : Perumahan Nogotirto III Jalan Semeru C146 Trihanggo, Gamping, Sleman 55592