Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah- 089665529596

Tes Psikologi untuk Menentukan Jurusan Kuliah

Tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah – Memilih jurusan kuliah memang bukan merupakan masalah yang mudah yang bisa dilakukan asal-asalan kamu lakukan tanpa mempertimbangkan faktor-faktor yang lain. Jadi, wajar saja bila kamu harus menghadapi kebimbangan pada saat harus memilih jurusan kuliah yang tepat. Sementara bagi sebagian orang, hal ini bukanlah perkara yang rumit sebab sejak kecil sudah tahu ingin menjadi seseorang seperti apa di masa nanti.

Tes psikologi ini penting bagi kamu yang belum dapat memutuskan jurusan kuliah yang pas/cocok. Ada beberapa penjelasan agar kamu bisa memantapkan hati dalam menentukan jurusan kuliah yang sesuai minat dan kemampuan kamu. Jangan sampai di kemudian hari menyesal karena telah salah memilih/menentukan jurusan dan tidak bisa menikmati jalannya kegiatan perkuliahan. Banyak kejadian seorang mahasiswa tiba-tiba berhenti kuliah hanya alasan salah dalam menentukan jurusan.


Kenapa harus memilih jurusan kuliah yang sesuai minat dan kemampuan kita?


Orang tua dan guru di sekolah mempunyai fungsi/peran yang sangat penting di dalam membimbing dan menentukan jurusan kuliah yang tepat. Cobalah meminta saran/masukan dari mereka dan tanyakanlah hal-hal yang ingin kamu ketahui. Ada jurusan tertentu dengan tingkat persaingan tinggi di dalamnya. Kamu dapat menanyakan besar kecilnya peluang untuk mendapatkan jurusan tersebut kepada guru yang telah biasa mengajarimu di sekolah. Apabila guru kamu mengatakan bahwa peluang yang kamu miliki cukup besar maka kamu dapat mencoba untuk mengambil jurusan tersebut.

Bagaimana pun, kamu tetap harus bersikap realistis. Bisa saja kamu mempunyai minat yang sangat besar pada suatu jurusan tetapi bila dirasa jurusan itu kecil kemungkinan kamu bisa diterima. Kamu harus mempunyai beberapa jurusan alternatif lain yang kamu minati. Jangan berpatok pada satu jurusan saja. Karena untuk mendapatkan jurusan yang sesuai keinginan bukan hanya soal minat tetapi juga kualifikasi apakah memenuhi syarat ataukah tidak.

Baca Juga :  Tes Psikologi Bogor


Bagaimana cara memilih Jurusan Kuliah?


Dalam memilih dan menentukan jurusan kuliah nantinya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Kamu bisa memulai dengan mencari informasi-informasi di internet. Perkembangan teknologi sekarang di bidang informasi kini jauh lebih baik dibandingkan dahulu. Kamu tidak perlu datang langsung ke universitas impian kamu untuk mengetahui seperti apa rupa dan bentuknya. Kamu tinggal mencari informasi di internet sehingga rasa penasaran pun akan terjawab.
Apalagi saat ini setiap universitas sudah mempunyai situs resmi masing-masing. Akses informasi tentang fasilitas, tenaga pengajar sampai pada jurusan yang tersedia dan akreditasinya di universitas tersebut menjadi lebih gampang diperoleh. Tidak sekedar hanya dari internet, testimonial dari alumnus juga bisa kamu jadikan rujukan. Biasanya, tempat kursus persiapan menghadapi ujian tulis masuk universitas sudah memiliki info yang lengkap mengenai universitas-universitas yang ada di Indonesia.


Pahami Situasi Terkini


Apabila masih belum mendapatkan petunjuk tentang jurusan kuliah yang akan diambil maka bisa mengambil jurusan kuliah sesuai perkembangan zaman. Misalnya, sekarang ini adalah era teknologi. Di mana saja tenaga kerja di bidang teknologi akan selalu dibutuhkan. Hal ini dikarenakan teknologi diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia. Jurusan kuliah yang berkaitan dengan teknologi dapat menjadi salah satu pilihan kamu. Misalnya jurusan teknologi informasi atau sistem informasi. Kamu bisa berpeluang kerja di perusahaan besar seperti Google nantinya. Peluang ini akan besar bila jurusan yang diambil pada universitas yang ternama.


Apapun jurusan kuliah yang akan kamu pilih atau dapatkan nantinya, bila ikhlas belajar dan menekuninya dengan sepenuh hati selama menjalani kuliah maka ilmu tersebut pasti bermanfaat di masa depan. Dengan catatan kamu mengerti ke mana arah tujuan ilmu tersebut, kamu pasti dapat menjadi seseorang yang sukses dalam karier.

Baca Juga :  Biro Psikologi Palopo